Jumat, 17 Desember 2010

Waduh! Man 3 Malang, My lovely school rek..!

M3M adalah salah satu MAN Model yang cukup dikenal seantero Indonesia(walaupun saya sendiri tidak bagitu yakin). Dalam satu angkatan, terbagi dalam 9 kelas. Yakni kelas Akselerasi, Kelas Olimpiade, Kelas Bilingual, kelas MABI, 2 kelas jur. IPS, 3 kelas IPA. Pembagian ini bukan tanpa alasan, sebab karna ingin menggolongkan tiap anak menurut potensi yang dimiliki. Waw, sebuah cita-cita yang mulia. yang perlu diingat disini bahwa perlakuan tiap kelas mungkin pantas berbeda   mengingat kebutuhan tiap kelas juga berbeda. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa perlakuan individu kelas ini juga harus Adil. Difinisi adil disini pasti juga berbeda menurut masing-masing orang.

Yang jelas jika pada angkatan 2009/2010 mulai dimunculkan kelas progam khusus baru, yakni kelas Olimpiade dan kelas Bilingual, setelah kelas akselerasi dan kelas MABI. Hal ini sepertinya disesuaikan dengan ambisi sekolah untuk menjadi RMBI(Rintisan Sekolah Berorientasi Inernational). Padahal menurut kabar yang beredar, pemerintah belum memberikan keputusan mengenai RMBI untuk sekolah dibawah naungan Departemen Agama(jika tidak salah..). kesan saya  disini, kok rada maksa ya.. kelas Bilingual adalah kelas yang sepertinya disiapkan untuk ini. Sedangkan kelas Olimpiade adalah kelas petarung, begitu kata guru-guru. Disini para siswanya disiapkan untuk mengikuti Lomba/Olimpiade sampai tingkat nasional.  Namun memang tidak bisa seluruh isi kelass olimpiader semua, sebagian dari mereka adalah siswa yang memilki nilai akademik yang tinggi disbanding siswa kelas yang lain.yah.. kira-kira begitulah,atau anggap saja begitu. ^_^

Jujur ya.. dari semua kelas progam yang ada, kelas Akselerasi adalah kelas yang paling difasilitasi wah.. kelas berkarpet, mejanya lebih bagus dari kelas lainnya, perpustakaan sendiri, halte pengumuman yang bagus, loker sendiri, rak sepatu yang bagus, lokasinya adem ayem karna dekat dengan dengan greenhouse n pendopo.  Hal ini saya sangat maklum, karena mereka bayarnya jauh lebih mahal dari kelas Reguler dan mereka juga pasti membutuhkan konsentrasi lebih dari anak-anak lain. Sayang tempatnya terpencil sekali.. namanya juga kelas akselerasi, paling kelas X aksel Cuma tetanggaan sama kelas XII aksel tok,melase rek.. entah kenapa biasanya anggota kelas ini pada akhirnya tidak lebih dari 15 orang.

Nah.. kalo mau bayar murah tapi dapet fasilitas lebih, bisa masuk kelas progam yang lain. Ada kelas bilingual, calon RMBI kita. Kelas RMBI yang kebarat-tengahan gitu deh, soalnya ada kelas RMBI ketimur tengahan. Kelas nie berkarpet n dapat loker. Tapi kelas ini selalu diisolasi dari kelas lain. (mungkin nyebar penyakit, he…he..he.. bercanda kug). Tapi asli, angkatan pertama kelas ini terkenal kurang bersosialisasi sama kelas laen, banyak anak regular yang nggak begitu kenal sama mereka. Missal, A: ” ha, tukiyem, tukiyem yang mana?” B:” Tukiyem anak biling itu lho,” A:” Lho, namanya bukan Tumijah?” B:” ?!?!”. jadilah mereka golongan orang-orang yang sulit terkenal, kevuali yang emang udah terkenal.

Ini yang tadi tak bahas, RMBI ketimur tengahan. Jurusan mereka aslinya Agama. Ya, jelas agama islam lah.. anak-anaknya wajib asrama. Ndak heran mereka beserta kakak pendahulu mereka dianggap anak emas ustdz asrama.

Aku?? aku anak reguler biasa. dalam kasta sekolah ini aku mungkin adalah golongan sudra atau ma;lah paria..
hiks..hiks..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar